予備的

Gado - Gado

Blog yang Mana di buat untuk berbagi posting yang positif, dan berusaha untuk memperbaiki Moral Pribadi dan Ente-ente pada. Dan saya Berharap beberapa darimana posting saya dapat di terapkan di Kehidupan Pribadi lepas Pribadi. Happy Nice Day :
)

Multi-styled Text Generator at TextSpace.net

Sabtu, 20 Agustus 2011

GOBLOK

Para tetangga kita di Malaysia pasti menyenangi judul entri ini. But nope gue ngga mau ikutan ribut dengan isu Indon vs Malingsia yang sempat ramai tempo hari.

Aneh banget, kita adalah negara yang sudah merdeka, total mandiri dan lepas landas, lantas kenapa kita masih perlu bantuan orang dari negara lain untuk menghina bangsa sendiri?
Kita sudah dewasa, sepantasnyalah kita tidak manja dan bisa melakukan hal itu sendiri!
Bangun wahai pemuda-pemudi Indonesia, tidak malukah kita membiarkan bangsa lain mengambil apa yang sudah menjadi hak kita? Kita wajib berdiri tegak, membusungkan dada untuk merebut kembali hak tersebut: marilah kita mengejek, memaki, menyumpah serapah dan menginjak-injak martabat bangsa kita sendiri sebanyak mungkin agar negara-negara lain terpaksa diam gigit jari karena habis tidak punya sisa bahan hujatan lagi.

Ternyata orang Indo goblok… karena main Facebook aja sampe perlu buku panduan.

indonesia goblok facebookWell, sebenarnya hal itu sendiri tidaklah aneh ataupun bodoh karena wajar saja jika para penerbit berlomba-lomba mencari profit dengan mengangkat salah satu segmen budaya yang sedang happening banget. Kata ‘Facebook‘ berhasil menjaring 31 buah judul buku di Barnes & Noble dan 106 buah judul buku di Amazon.
Yang menjadi aneh adalah ketika gue merhatiin secara detil judul dan isi konten dari buku lokal yang beredar di Indonesia: kebanyakan adalah sekedar membahas bagaimana cara menggunakan Facebook!
Amazon dan Barnes & Noble memang punya jumlah koleksi yang lebih gila banyaknya, tapi sekitar 80%-nya adalah buku-buku yang berisi analisis tren Facebook dari segi budaya, ekonomi, bisnis, teknologi, dsb (The Facebook Era, Facebook Marketing, The Founding of Facebook A Tale of Sex, Money, Genius, and Betrayal, Facebook Marketing Bible, What The Church Can Learn From Facebook, The Phenomenon Of Facebook Status, dsb ) serta tutorial Facebook tingkat-lanjutan untuk para developer dan hacker (Facebook CookbookFacebook Markup Language Fundamentals, Facebook Application Development, Developing Facebook Platform, Facebook API Guide, Facebook Advanced 2.0, dsb).
Tapi tidak demikian di negara kita yang tercinta ini.
Orang Indonesia ternyata sebegitu payah, dungu, dan menyedihkannya sehingga kita butuh segudang buku cetak tentang korelasi Facebook dengan gejala autisme membuat aplikasi Facebook kinerja Facebook dalam kampanye politik tehnik mengembangkan third-party software Facebook strategi mengalahkan popularitas Facebook panduan dasar menggunakan Facebook!
Lihat saja judul-judulnya.
  1. Tips & Trik Facebook. Berisi pembahasan cara menemukan teman lama, memberikan informasi terupdate tentang diri, memposting dan memberikan komentar atas tulisan, foto, atau video teman, membuat grup berdasar hobi, serta memanfaatkannya untuk bisnis.
  2. Panduan Cepat Menguasai Facebook. Berisi dasar-dasar penggunaan facebook, pembuatan grup, pembuatan halaman kelompok penggemar, dsb.
  3. Gaul Ala Facebook Untuk Pemula. Buku ini akan memandu kamu dari cara membuat account baru sampai cara bergaul di Facebook. 
  4. Gaya Gaul Anak Muda Dengan Facebook.
  5. Mau Gaul? Mau Sukses? Pakai Facebooks! Berisi cara pengoperasian website jejaring sosial tersebut agar tidak akan lagi merasa canggung.
  6. Add Me On Facebook. Berisi cara menggunakan layanan e-mail, comment, show profile, game, ngisi kuis, dan upload foto.
  7. Berteman & Berbisnis Lewat Facebook. Berisi cara mendaftar ke Facebook, melakukan konfigurasi utama, merombak tampilan facebook sehingga lebih menarik, teknik jitu menambah teman-teman Anda dengan cepat, dilanjutkan dengan teknik promosi efektif.
  8. Facebook Untuk Semua Orang, Untuk Semua Urusan. Berisi tentang cara menggunakan berbagai fasilitas dari Facebook yang membuatnya menjadi sangat terkenal seperti memanfaatkan coretan dinding (wall), berbagi foto, chatting, berbagi video, bermain games, dan menambahkan aplikasi.
  9. Pake Facebook: Gaya Loe… Maximal! Judul oh judul triple OMG!!!
  10. Seri Penuntun Praktis Facebook. Berisi tentang cara bergabung, mencari teman, membentuk sebuah grup, upload foto video, menambahkan aplikasi sesuai selera.
  11. Step By Step Facebook. Berisi pembahasan mengelola profil, menambahkan foto dan video, mencari teman, menambahkan aplikasi, bergabung dengan grup-grup komunitas, mengirimkan pesan, chatting, dll.
  12. One Stop For All Facebook. Berisi pembahasan mencari teman di Facebook, upload foto dari ponsel, menggunakan fasilitas Facebook untuk berpromosi, berkomunikasi asyik di Facebook.
  13. Panduan Praktis Mengoptimalkan Facebook. Berisi pembahasan cara menandai dan berbagi foto, menemukan teman lama, mengingat kembali momen yang terlupakan, sekaligus mengomentari foto tersebut, chatting, membuat notes, bermain games, mengabarkan aktivitas terkini, upload foto, dan mengoptimalkannya untuk keperluan bisnis.
  14. Menjadi Terkenal Lewat Facebook. Berisi pembahasan kelebihan Facebook, cara mendaftar Facebook hingga melakukan verifikasi akun, mengelola Data Diri yang meliputi pengisian data diri, visualisasi profil,dan penataan halaman profil, melakukan Komunikasi dengan Facebook yang meliputi memberi testimonial, berkirim pesan dan komunikasi dengan fungsi chat, membuat album foto  dan mengelola album serta foto yang sudah diupload kedalam profil, blogging dalam Facebook yang meliputi cara menulis note, melakukan format penulisan serta menerbitkan catatan tersebut. Judulnya sih canggih, bahkan daftar isinya juga ditulis dengan cara yang terasa berbobot; tapi kalo dibaca baik-baik… ternyata sama aja, STD!
  15. Ayo Buat Facebook-mu Menarik! Berisi pembahasan bagaimana mendaftar di Facebook, membuat dan mengelola profil Facebook, memasukkan foto dan video ke Facebook, mengirimkan hadiah ke teman, berjualan di Facebook, menambah aplikasi-aplikasi menarik.
Masih ada banyak buku-buku lokal lain yang berusaha sedikit terlihat cerdas dengan menyisipkan fokus atau penekanan tambahan pada ulasan Facebook-nya, seperti Bisnis Menggunakan Facebook, Facebook For Cari Duit, Panen Duit Pake Facebook, dsb… tapi rata-rata isinya sama standar juga.
Daftar di atas cuman sebagian kecil aja karena masih ada banyak banget judul lainnya yang gue liat tadi berjejalan di Gramedia (dan ngga bisa ditemuin online). Total jumlahnya berlipat-lipat ganda dibandingkan jumlah buku lokal yang mengungkit Facebook dalam bentuk wacana analisa, kebetulan gue cuma inget satu aja yang berjudul F-Marketing dari Media Ide. Kalau nanti ada yang niat, tolong masukin kata kunci ‘facebook‘ di komputer database Gramedia dan tolong kasih tau di sini ada berapa banyak judul terkait yang ada di sana.
Memperhatikan tren kelima belas judul buku di atas, mungkin ada yang kepikiran apakah jangan-jangan orang Indonesia gaptek?
Nope, sobat, orang Indonesia tidak gagap teknologi, karena kalau memang gaptek, then Facebook ngga bakalan bisa jadi tren sama sekali.
Jawabannya cuma satu: orang Indonesia goblok, titik. Matanya udah melek teknologi, tapi otaknya belum. Itu aja, simpel kok.

Udah cukup punya duit dan punya niat untuk ke warnet or langganan internet, tapi masih terlalu lemot untuk inget kalo internet SELALU punya jawaban untuk segalanya, apalagi untuk hal-hal yang sederhana. Kalau sama sekali tidak ada panduan berbahasa Indonesia yang mudah dimengerti, mungkin okelah kalau sampai perlu diterbitkan sejumlah buku yang menjawab kebutuhan itu.
Tapi pada kenyataannya, Google dan Yahoo selalu siap menuntun ke jalan yang benar karena ada ratusan blogger Indonesia yang udah pernah nulis tutorial Facebook dengan berbagai macam gaya penulisan dan tutur bahasa. Semua GRATIS!
Salah satu penerbit bahkan menuliskan promosi, “Buku ini disajikan dengan bahasan yang praktis, tidak bertele-tele…” Oh please… bisa yah LEBIH praktis dan LEBIH tidak bertele-tele dibandingkan dengan tutorial help dari situs Facebook sendiri?
Lagipula kalau tujuannya sekedar untuk iseng dan main, Facebook ngga sesulit itu sampai perlu baca buku manual!
Apa susahnya sih klik register, login, upload?
Dhuasar orang Indonesia guoblok. Ganyang Indon!
Dan setelah pegel ganyang-ganyang, ngga ada salahnya bergabung di Facebook Page Hitman System:D Kalo ngga ngerti caranya, gampang ini dikasih tutorialnya gratis, ga perlu beli buku!
Tinggal pencet yang dilingkarin itu. Kegunaannya apa? Nanti aja liat sendiri… ;)
Anyways, ada intermezzo sedikit. Tadi selagi muter di Gramedia, gue ngeliat buku ‘biografi’ SBY yang berjudul Harus Bisa. Kaget… kenapa mirip banget yah ama slogan Obama “Yes We Can” ? Bukan cuman itu, warna bukunya juga. Bukan sekedar kebetulan ‘kan?
Karena iseng, gue coba googling untuk ngecek. Bener aja, ada banyak tulisan blog dan ulasan yang menyuarakan hal sama, seperti tulisan SBY Mau Meniru Obama dan Review Website SBY & Obama. Dan yang paling visual adalah gambar di samping ini dari blog ncplus. Klik untuk perbesar.
Intermezzo selesai.
So, kita udah sampai di ujung entri, jadi saatnya untuk berdiskusi:
  • Pernah beli buku lokal tentang Facebook? Jika ya, ada gunanya?
  • Orang Indonesia itu goblok, setuju atau tidak setuju?
  • Para penerbit itu goblok karena ga seleksi mutu buku, setuju atau tidak setuju?
Jadilah penghujat dalam roh dan kebenaran…

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar