予備的

Gado - Gado

Blog yang Mana di buat untuk berbagi posting yang positif, dan berusaha untuk memperbaiki Moral Pribadi dan Ente-ente pada. Dan saya Berharap beberapa darimana posting saya dapat di terapkan di Kehidupan Pribadi lepas Pribadi. Happy Nice Day :
)

Multi-styled Text Generator at TextSpace.net

Sabtu, 20 Agustus 2011

LOGO

 LOGO tak hanya karya desain grafis. Bukan pula sekadar identitas perusahaan. Apalagi bagi perbankan dengan bisnisnya yang khas: mengandalkan kepercayaan. Karena itu, tak sedikit bank mengeluarkan dana sangat besar untuk menyempurnakan atau membuat (to create) logonya. Memang, belum ada standar harga yang baku untuk itu.

Lepas dari murah atau mahalnya biaya yang harus dikeluarkan, pembuatan dan penyempurnaan logo perusahaan, apalagi bank, biasanya didasari oleh semangat perubahan. Termasuk menegaskan visi dan menguatkan misi bisnisnya masing-masing.


Perubahan logo berbagai bank, menunjukkan proses perubahan visi, misi, orientasi, dan core bussines masing-masing bank. Dan biasanya, juga disertai dengan perubahan tagline dan atau tema besar perubahan yang dilakukan. Bank BNI, sejak mengubah logonya dari versi “perahu di tengah gelombang,” ke versi numerik “46“, di usianya yang ke 63 tahun, mengukuhkan logonya dengan inner spirit yang kuat: inspirasi.

Bank ini nampak berusaha keras memosisikan dirinya sebagai inspirasi semua orang untuk selalu siap berkembang dan maju, dan optimistis. Dengan memilih warna merah, putih, orange dan hijau yang kontras, nampak logo, tagline, dan spirit yang diekspresikan melalui kata “inspirasi” menjadi pernyataan nilai perubahan sebagai corporate banking terunggul. Bank milik pemerintah yang diharap menjadi mitra terdepan bagi nasabahnya untuk menguatkan kemandirian.

Logo, selain sebagai produk kreatif yang mencerminkan kekuatan visi, memang merupakan pernyataan visi. Karenanya, logo terikat oleh indikator kemajuan dan perubahan. Secara aksentutif, logo dengan sendirinya, mencermin budaya korporat, juga sistem nilai yang diyakini oleh semua anasir korporasi. Yaitu, nilai yang dipelajari, diterapkan, dan dikembangkan secara berkesinambungan. Oleh karena itu, logo sekaligus mengekspresikan keberadaannya sebagai simbol perekat, yang berperan sebagai acuan perangai seluruh pemangku kepentingan, untuk mencapai visi dan misi perusahaan.

Logo, dengan demikian, menegaskan secara visual sistem nilai normatif, yang mampu mengomunikasikan semantic demand. Meliputi target pasar, pencapaian kinerja, budaya kerja, sistem tata kelola perusahaan, dan  performa bisnisnya secara keseluruhan. Karena itulah, selain mengikat seluruh anasir dari pemimpin puncak sampai staf, seluruh makna yang terkandung di dalam logo, juga mesti tercermin dari perilaku manajemen dalam berinteraksi dengan nasabahnya.

Logo, akan sangat bermakna, bila secara internal memberikan inspirasi, menebar nilai-nilai kemajuan, kekuatan transformasi (termasuk teknologi), dan mampu menghadirkan obyektif dan target ideal yang kudu dicapai, langsung kepada publik (konsumen, nasabah). Perubahan yang harus dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan. Secara sederhana, logo dapat disebut sebagai spirit kreatif perubahan dan pembaruan, yang dilandasi oleh kematangan dalam mengelola berbagai potensi, masalah, dan peluang.

Bagi perbankan, logo juga menggambarkan kepercayaan  diri (konfidensi) sebagai pengelola dana masyarakat yang paling dapat dipercaya, prudensia. Karena itu, logo bagi bank juga harus menampilkan ekspresi keunggulan kinerja dan tata kelola pelayanan. Mulai dari bagaimana menyambut, menyapa, dan melayani nasabah.  Bahkan pada bank tertentu yang khas, seperti Bank Muamalat, logo sekaligus memberikan gambaran tentang watak bisnis yang dijalaninya: syari’ah.  Antara lain, dengan menggunakan aksara arab (terbaca: Dien), yang bermakna: jalan hidup yang memandu nasabahnya membebaskan diri dari riba’.

Logo sebagai cermin transformasi, secara integral mesti nampak dalam logo bank. Khususnya untuk mencerminkan spirit memenangkan kepercayaan, simpati,  dan sikap respek seluruh stakes holder, secara integral dan menyeluruh (serentak dan serempak). Dengan demikian, maka logo tak hanya berhenti sebagai identitas belaka.

Perubahan dan penerapan logo bagi dunia perbankan, di sisi lain mesti memenuhi kebutuhan corporate image, yang menyentuh substansi corporate mindset. Masih banyak pekerjaan rumah yang mesti dilakukan dengan berlangsungnya perubahan logo itu. Yakni: pemberdayaan seluruh potensi sumberdaya manusia sebagai human capital, menjadi inspire and energize people. Pemberdayaan yang berujung pada mutu kreatif. Karenanya logo bank, juga mesti memadukan keterpaduan artistik, estetik, dan etik secara utuh.| sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar