予備的

Gado - Gado

Blog yang Mana di buat untuk berbagi posting yang positif, dan berusaha untuk memperbaiki Moral Pribadi dan Ente-ente pada. Dan saya Berharap beberapa darimana posting saya dapat di terapkan di Kehidupan Pribadi lepas Pribadi. Happy Nice Day :
)

Multi-styled Text Generator at TextSpace.net

Sabtu, 20 Agustus 2011

Live Healthy




















Apel dipercaya meningkatkan imunitas tubuh melawan kanker, mengurangi tekanan darah dan menstabilkan level gula.

Setiap hari ada saja berita penyakit aneh yang melanda masyarakat, terak hir contohnya fl u babi. Belum lagi berbagai penyakit yang berkaitan dengan gaya hidup seperti diabetes, jantung, dan kolesterol. Masyarakat pun semakin banyak mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, yang membuat beragam penyakit mudah menyer bu. Hmm,...tubuh gemuk yang dulu dianggap lambang sehat dan “makmur”, seka rang sebaliknya, rentan kena penyakit alias tidak sehat. Salah satu yang membuat kita makin rentan terhadap penyakit adalah kebiasaan dan pola hidup tidak sehat. Coba hitung setidak nya berapa persen dalam sehari tubuh Anda bergerak atau berkeringat sehat? Lalu bagaimana pola makan Anda selama ini? Sering santap makanan instan yang belum tentu terjamin kebersihannya? Jangan heran bila gejala pusing, pilek, sakit kepala, batuk yang dulu dapat dilawan imunitas tubuh dengan mudah, kini tak lagi sanggup ditaklukkan. Bahkan gejala ringan itu bisa berubah jadi penyakit berbahaya. Padahal Dr. Mark Moyad M.D., penulis buku Dr. Moyad’s No BS Health Advice, mengungkapkan pemakaian bahan-bahan alami mampu mendongkrak sistem pertahanan tubuh. So, apa saja yang bisa kita pergunakan agar kekuat an tubuh kembali prima? Simak ulasan lengkapnya di sini!

Good Nourishments

MINUM BANYAK AIR — Anda tentu bosan mendengar hal ini, 8 gelas atau 2 liter air per hari wajib diasup agar badan sehat, percayalah ini terbukti manjur. Menurut Dr. Victor Sierpina, penulis buku 1000 Cures for 200 Ailments, jaringan tubuh seperti saluran pencernaan dan pernapasan membutuhkan banyak cairan guna membersihkan saluran ter sebut, sehingga bakteri dan kuman tidak berlama-lama mengendap. Meski terlihat mudah, namun kenyataannya masih banyak di antara kita yang malas minum. Sudahkah Anda mengonsumsi air putih hari ini?

ASUP PROBIOTIK — Bakteri baik atau probiotik, sering ditemui dalam kandung an yoghurt. Bakteri probiotik dipercaya bisa menaikkan daya tahan tubuh dengan baik. Probiotik ini tak hanya bermanfaat bagi pencernaan, namun juga untuk kesehatan rongga mulut. Hasil penelitian Journal of Periodontology, probiotik juga membantu melawan bakteri jahat yang ada di bagian rongga mulut.

KUNYAH ANGGUR — Buah anggur merah dipercaya dapat menghambat atau mencegah hormon estrogen bercampur dengan molekul DNA. Ekstrak anggur mampu jadi “perisai” kuat bagi tubuh melawan sel kanker. Tambah frekuensi melahap semangkuk anggur merah atau minum segelas red wine setiap malam sebelum tidur.

MAKAN JAMUR — Jenis jamur kancing putih juga dipercaya dapat meningkatkan sistem imunitas. Jamur ini mampu memperbaiki kinerja sel darah putih untuk mempertahankan tubuh dari serangan penyakit.

KONSUMSI QUERCETIN — Quercetin merupakan salah satu antioksidan yang amat protektif menjaga tubuh dari serangan penyakit. Bawang merah dan apel merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki banyak kandungan Quercetin. “Dalam sehari setidaknya Anda wajib mengasup 800- 100 miligram Quercetin, jumlah ini bisa berdampak baik pada stamina,” ujar Dr. J. Mark Davis, Ph.D., pimpinan Psychoneuroimmunulogy of Exercice and Nutrion Laboratory, University of South Carolina, Columbia, AS.

MINYAK KELAPA — Menurut penelitian American Journal of Clinical Nutrition, 5 sendok makan minyak kelapa murni, atau kini biasa disebut Virgin Coconut Oil dapat membantu pembakaran lemak dan mengurangi berat badan Anda. Jadi cobalah bumbui masakan Anda dengan menggunakan minyak sehat tersebut.

CAMILAN KACANG — Mereka yang rutin mengonsumsi kacang-kacangan memiliki kadar protein dan serat yang baik di dalam tubuh. Kandung an serat yang kaya dalam kacang, mampu mengikis lemak, sehingga memperlancar peredaran darah. Tambahkan kacang rebus atau panggang di menu hidangan Anda, minus kacang goreng ya!

KONSUMSI VITAMIN D — Asupan kalsium dan vitamin D yang cukup dapat mengurangi risiko meningkatnya stres hingga 20%. Seorang wanita aktif setidaknya butuh 1000 miligram vitamin D dan 2000 miligram kalsium agar tulang tetap sehat. Selain itu, pikiran bebas stres membuat energi positif selalu ada di dalam tubuh Anda, akibatnya penyakit pun menjauh!

ZINC — Seng atau zinc merupakan zat atau mineral yang ampuh menstimulus sel-sel tubuh memerangi virus agar tidak merusak sistem imunitas Anda. Kandungan zinc sebaiknya tidak melebihi 150 miligram perhari, karena berlebihan juga tidak baik. “Cobalah mengasup permen zinc lozenges atau suplemen lain yang mengandung zinc, tubuh akan bertambah lebih bugar dan tahan terhadap serangan bibit penyakit,” ujar Lisa Alschuler.



MINUM VITAMIN C — Kombinasikan dengan seimbang asupan buah yang kaya vitamin dengan suplemen. “Buah-buahan dan sayuran yang biasa Anda konsumsi setiap hari kemungkinan hanya memberikan 200 miligram vitamin C pada tubuh. Padahal, tubuh memerlukan 500 -1000 miligram vitamin C agar bisa kuat atas serangan penyakit,” ujar Dr. Moyad. Cukup vitamin C, membuat daya tahan tubuh jadi prima dan bisa mencegah kulit jadi kerut dan tipis.

AIR GARAM — Berkumur dengan air garam bisa meredakan rasa sakit pada kuping karena efek bakteri penyakit yang sedang Anda rasakan. Menurut Dr. Moyad jaringan leher atau tenggorok an bagian belakang berhubungan de ngan bagian telinga. “Jika Anda merasa kuping mendenging, sakit atau bekerja kurang sempurna karena perubahan kesehatan tubuh, berkumurlah dengan air garam bisa melegakan kondisi telinga. Cukup campurkan satu sendok teh garam dan air satu gelas, kumur secukup nya,” ujar Dr. Moyad.

MADU — Batuk merupakan cara tubuh membersihkan bagian dada dan tenggorokan dari berbagai kotoran. Ja ngan batuk terlalu keras karena dapat melukai tenggorokan. Jika batuk Anda mulai tak terkontrol hingga mengganggu waktu tidur di malam hari coba redakan dengan mengonsumsi madu. “Cukup dua sendok saja, madu bekerja dalam tiga langkah: membersihkan teng gorok an, mengurangi efek batuk dan juga dapat mematikan kuman yang menyebabkan batuk,” papar Dr. Moyad.

Good Habits

CUCI TANGAN — Menurut Hal S. Blatman, M.D., pimpinan American Holistic Medical Association, kebanyakan virus berpindah tempat ke tubuh manusia melalui tangan. “Rajin mencuci tangan dan usahakan untuk tidak terlalu sering memegang bagian dalam atau bagian rentan pada tubuh dengan tangan Anda, misal mengucek mata, mengorek hidung, atau rongga mulut, yang membuat bakteri atau virus di tangan masuk ke dalam tubuh,” ujarnya.

POTONG RUTINITAS — Jika tubuh sedang lelah atau lemah, lupakan sejenak jadwal rutin Anda, seperti nge-gym hingga dugem. “Olahraga baik bagi kesehatan namun ketika virus atau bakteri mulai menyerang sistem pertahanan tubuh, ada baiknya energi pembakaran Anda dialihkan guna meningkatkan imunitas tubuh,” ujar Dr. Davis. Mulailah dengan mengurangi intensitas hingga tingkat kesulitannya, ataupun berhenti total. Namun menurut Dr. Blatman, jika Anda merasakan sakit pada leher, atau tenggorokan kering, namun Anda merasa kuat, lakukanlah olahraga ringan. Olahraga mendorong Anda mengonsumsi banyak air secara rutin dan banyak. Selain itu, hentikan juga aktivitas malam Anda, “Alkohol bisa menghalangi terserapnya nutrisi ke dalam tubuh sehingga sistem imunitas tak mendapat energinya,” ujar Dr. Moyad. Tak hanya alkohol, gula refi ne memiliki efek dapat menurunkan kinerja sel-sel aktif, hingga akhirnya tak lagi bisa melawan bibit penyakit.

CUKUP TIDUR — Menurut Lise Alschuler, pimpinan American Association of Naturopathic Physicians, mereka yang kurang tidur cenderung memiliki imunitas tubuh yang rendah. “Minimal, Anda wajib beristirahat 7-8 jam per hari. Dan waktu tidur tersebut tidak bisa tergantikan,” ujarnya.

CUCI SELIMUT — Tempat tidur tak hanya menjadi tempat yang nyaman bagi Anda untuk ber-leyeh-leyeh, namun juga “hunian” yang digemari bakteri. Maka, pastikan rutin mengganti selimut dan sprei Anda, sebab jika tidak bakteri yang terdapat di dalamnya tak hanya menyebabkan timbulnya bibit penyakit namun juga membuat kulit jadi sensitif dan iritasi.

ASYIKNYA BERENDAM — Kondisi tubuh saat berendam di air hangat dapat menyebabkan jaringan otot tubuh menjadi relaks sehingga jalur peredaran darah lebih terbuka. “Usai berendam di air hangat, pastikan suhu ruangan di sekitar Anda tidak berbeda jauh alias hangat. Bila kondisi di sekitar dingin maka otot Anda akan kembali tegang dan menyulitkan jalan darah. Tambahkan pula herbal oils pada air rendaman,” kata Dr. Moyad.

MARI BERKHAYAL — Cobalah selama 30 menit pikirkan seseorang yang Anda sayangi. Cara ini dapat meningkatkan kekuatan emosi dan mental. Penelitian University of Wisconsin- Madison, AS, menunjukkan perasaan dan tingkat emosi positif mendorong otak menstimulasi perasaan bahagia sehingga dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar